TINJAUAN PUSTAKA
1. layanan purna jual
a. pengetian layanan purna jual
layanan
purna jual adalah suatu service yang dilakukan oleh penjual/produsen yang
diberikan setelah barang dibeli.
b. teori tentang purna jual
Pemberian pelayanan purna jual
kepada pelanggan biasannya diberikan sebagai suatu tanggung jawab penjual atas
kualitas barang yang dijualnya. Pelayanan ini diberikan dalam bentuk pemberian
garansi, penggantian barang-barang rusak, pemeliharaan dan penyedian suku
cadang (Barata, 2003:290).
Menurut
Kotler (1997:100) sebuah perusahaan harus menentukan bagaimana menawarkan jasa
setelah penjualan.
Menurut
levit yang dikutip oleh Tjiptono (2000:7) mengatakan bahwa:
“semakin
canggih teknologi suatu produk generic missal mobil, mesin fotocopy, computer
maka penjualannya akan tergantung pada kualitas dan penyediaan pelayanan
pelanggan yang menyertainya seperti ruang pajangan ( show room), fasilitas pengantaran, perbaikan dan pemeliharaan,
bantuan aplikasi, pelatihan operator, konsultasi instalasi dan pemberian
garansi”.
c. kesimpulan
layanan
purna jual sangatlah penting demi kelancaran suatu perdagangan/bisnis. Dan
layanan yang paling disukai oleh konsumen adalh service dan penggantian suku
cadang.
2. perilaku konsumen
a. pengetian perilaku konsumen
suatu
tindakan dari konsumen dalam mengkonsumi, memutuskan dan memilih produk yang
akan mereka gunakan.
B teori tentang perilaku konsumen
Menurut
Kotler (2002:182) perilaku konsumen mempelajari bagaimana individu, kelompok,
dan organisasi untuk memilih, membeli, menggunakan, serta memanfaatkan barang
atau jasa, gagasan atau pengalaman dalam memuaskan kebutuhan hidupnya. Proses
keputusan pembelian dan penggunaan produk juga merupakan inti dari perilaku
konsumen.
Menurut
Mowen dan Miror (2002:6) perilaku konsumen didefisinikan sebagai studi tentang
unit pembelian dalam proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi, dan
pembuangan barang, jasa, pengalaman, serta ide-ide.
c. kesimpulan
perilaku
konsumen sangat penting untuk dianalisis oleh para produsen, karena perilaku
konsumen mempunyai perilaku yang sangat besar terhadap keberlangsungan suatu
produk.
3. keputusan pembelian
A. Pengertian Umum
Keputusan
pembelian adalah langkah terakir yng dilakukan oleh konsumen untuk membeli
suatu produk setelah mempertimbangkan berbagai hal
B. Teori tentang keputusan pembelian
Keputusan
pembelian menurut Schiffman dan Kanuk (2000 :437) adalah “the selection of an
option from two or alternative choice”. Jadi, keputusan pembelian adalah suatu
keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari beberapa alternatif
pilihan yang ada.
Menurut Paul Peter dan Jerry Olson
(1999:162), “Keputusan pembelian adalahproses pengintegrasian yang
mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku
alternatif dan memilih salah satu diantaranya”.
C. kesimpulan
Keputusan
pembelian merupakan puncak dari aktifitas yang dilakukan oleh konsumen, atau
merupakan step terakhir yang dilakukan oleh konsumen setelah memikirkan dan
mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusannya.
1 komentar:
The Perfect Casino: Top Offers & Bonuses at
The Best https://deccasino.com/review/merit-casino/ Casino 바카라사이트 Offers. Casino https://jancasino.com/review/merit-casino/ Bonuses septcasino & Promotions. With an emphasis on casino games, the gambling industry is expected poormansguidetocasinogambling.com to explode
Posting Komentar