Senin, 18 Juni 2012

PENGEMBANGAN KOMUNIKASI PEMASARAN

Peran Komunikasi Pemasaran
            Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan , membujuk, dan mengingatkan konsumen – langsung atau tidak langsung tentang produk arau merek yang mereka jual.
            Komunikasi pemasaran membentuk banyak fungsi bagi konsumen. Konsumen dapat diberitahu atau ditunjuk bagaimana dan mengapa sebuah produk digunakan oleh orang seperti apa, dan dimana serta kapan; konsumen dapat belajar tentang siapa yang membuat produk dan apa yang dipertahankan perusahaan dan merek; dan konsumen dapat diberikan satu intensif atau imbalan untuk percobaan atau penggunaan.

Komunikasi pemasaran dan Ekuitas Merek
            Walaupun iklan sering merupakan unsur sentral dari program komunikasi pemasaran biasanya itu bukan satu-satunya atau bahkan paling penting dari segi membangun ekuitas merek. Bauran komunikasi pemasaran terdiri atas enam cara komunikasi utama, yaitu:
1.     Iklan.
2.     Promosi penjualan.
3.     Acara khusus dan pengalaman.
4.     Hubungan masyarakat dan pemberitaan.
5.     Pemasaran langsung.
6.     Penjualan pribadi.

Model Proses komunikasi
           
            Pemasar harus memahami unsur - unsur fundamental dari komunikasi yang efektif. Ada dua model yang bermanfaat yakni: model makro dan model mikro
1.     Model Makro
Model ini menekankan factor-faktor utama dalam komunikasi yang efektif. Pengirim harus mengetahui pendengar mana yang ingin mereka jangkau dan tanggapan apa yang ingin mereka peroleh. Mereka haru mengemas pesan-pesan mereka dalam kode-kode tertentu sehingga pendengar sasarannya dapat menafsirkan kode-kode tersebut. Mereka harus mengirimkan pesan tersebut melalui media yang menjangkau pendengar sasaran dan mengembangkan saluran umpan balik untuk memantau tanggapan-tanggapannya.
Perhatian yang selektif, distorsi dan proses retensi konsep –konsep bisa beroperasi selama komunikasi sbb:
1.     perhatian yang selektif
2.     penyimpangan selektif
3.     ingatan selektif
2.     model mikro
Model mikro dari komunikasi pemasaran berkosentrasi pada tanggapan spesifik konsumen untuk berkomunikasi.

Mengembangkan  Komunikasi yang efektif
  1. Identifikasi audien sasarannya
Proses tersebut harus dimulai dengan audiens sasaran yang jelas dalam benak calon pembeli produk perusahaan tersebut potensi, apakah sasaran itu baru bagi kategori penguna terkini?apakah sasaran itu setia pada merek, loyal pada pesaing atau seorang yang suka gonta ganti merek? Strategi komunikasi akan berbeda-beda tergantung paa cangkupan penguna dan loyalitas. Analisis citra dapat dilakukan untuk memprofilkan audiens sasaran dari segi pengetahuan merek untuk memberikan pemahaman lebih lanjut.
Sebagian besar anlisis audiens dalah menilai citra sekarang perusahaan tersebut, produknya, dan pesaing-pesaingnya. Citra adalah nebrapa k eyakinan dan kesan yang dimiliki seseorang mengenai suatu objek. Sikap dan tindakan orang  terhadap suatu objek sangat ditentukan citra objek tersebut
Langkah pertamanya adalah mengukur pengetahuan pendengar sasaran tantang objek tersebut, dengan mengunkan  skala pengenalan.
Tidak pernah mendengar
Hanya sedikit mendengar
Sedikit mengetahui
Cukup mengetahui
Sangat mengetahui
                             
Jika sebagian besar responden hnya melingkari dua kategori pertama, tantanganya adalah lebih besar membangun kesadaranya, responden yang sudah tidak asing lagi dengan produk tersebut dapat ditanya bagaimana perasaan mereka tentang produk tersebut dengan mengunakan skala kesukaan: sangat tidak suka, agak tidak suka, cukup suka, sangt suka. Jika sebagian resonden memilih dua kategori pertama, organisasi tersebut harus mengatasi citra yang negatif.
Bertahanya citra itu dijelaskan oleh fakta bahwa begitu orang memiliki citra tertentu, mereka memahami  apa yang konsisten dengan citra itu. Ia akan  mengambil informasi tersebut.
2.           Merancang komunikasi
           Merumuskan komunikasi  untuk mencapai tanggapan yang dinginkan menuntut pemecahan  tiga masalah: apa yang harus dikatakan (strategi pesan), bagaimana menatakanya (strategi kreatif), dan siapa yang mengatakanya  (sumber pesan).
Strategi pesan, dalam menentukan strategi pesan, manajemen mencari daya tarik, tema atau gagasan yang mengikat kedalam penentuan posisi mereka, dan membantu untuk membangun titik kesamaan atau titik perbedaan. Beberapa dari padaanya mungkin berkaiatan langsung dengan kinerja produk atau jasa (mutu penghematan  atau nilai merek) sementara yang lain munkin berkaitan dengan pertimbagan pertimbangan yang lebih ekstrinsik (mereknya bersifat populer atau tradisional)
Strategi kreatif, efektifitas komunikasi tergantung pada bagian pesan diekspresikan dan juga isi pesan itu sendiri.  Komunikasi yang tidak efektifbisa berarti  bahwa pesan yang salah digunakan atau pesan yang benar tidak di ekspresikan dengan baik. Strategi kretif adalah cara pemasar menerjemahkan pesan mereka kedalam satu komunikasi  yang spesifik. Dua kategori umum ini masing-masingnya mencangkup pendekatan kreatif spesifik yang berbeda.
           Daya tarik informasional, daya tarik ini mencangkup atribut  atau manfaat produk atau jasa. Contoh- contoh dalam iklan adalah iklan penyelesaian masalah, iklan demonstrasi produk, iklan perbandingan produk, dan kesaksian-kesaksian pengakuan orang yang tidak  dikenal atau selebritis terkenal ( seperti atlet terkenal, pemain film ). Daya tarik informasional mengandaikan pengolahan yang sangat rasional atas komunikasi dipihak konsumen. Kaidah yang logis dan masuk akal.
Daya tarik tranformasional,daya tarik ini mencangkup manfaat atau citra yang berkaitan dengan non-produk. Ia mungkin melukiskan orang macam apa yang mengunakan merk atau jenis pengalaman yang merupakan hasil dari pengunaan merk. Daya tarik tranformasional sering berupaya menyitir emosi yang akan memotifasi pembelian. Komikator mengunakan daya tarik negatif seperti ketakutan, rasa bersalah, dan rasa malu untuk membuat orang melakukan segala sesuatu(sikat gigi,lakukan pemeriksaan setiap tahun)  atauberhenti melakukan sesuatu (merokok, penyalgunaan alkohol,makan berlebihan). Dorongan rasa takut   berfungsi paling baik bila konsumen tidak terlalu kuat, dorongan rasa takut bekerja lebih baik bila kredibilitas sumber itu tinggi dan ketika komunikasi berjanji untuk menghilangkan. komunikator juga mengunakan daya tarik emoional positif seperti humor, rasa bangga, cinta , kegembiraan.
Sumber pesan banyak komunikasi tidak mengunakan satu sumber lebih jauh dari perusahaan itu sendiri. Resan yang disampaikan sumber yang menarik atau terkenal akan memperoleh perhatian dan daya ingat yang tinggi. Itulah sebabnya pemasang iklan sering mengunakan selebritis sebagai juru bicara. Yang terpenting adalah kredibilitas juru bicara tersebut. Faktor yang mendasari kredibilitas yaitu:
·      Kelayakan  dipercayai ,seberapa objektif dan jujur sumber tersebut dalam persepsi orang lain
·      Kemampuan disukai, menjelaskan daya tarik sumber  tersebut. Sifat sifat seperti keterusterangan, humor, sikapyang tidak dibuat-buat
Pilihan saluran komunikasi
            Saluran komuniasi pribadi, melibatkan dua atau beberapa orang yang berkomunikasi langsung satu sama lainyadengan tatap muka, satu orang dengan audiens, melalui telpon atau e-mail. Sebuah studi yang dilakukan oleh Burson-marsteller dan Roper S menemukan bahwa omongan mulut dari orang yang berpengaruh cenderung mempengaruhi sikap pembelian rata-rata dari orang lain, tetapi lingkaran pengaruh akan melonjak menjadi delapan secara on-line.
Pengaruh pribadi mengandung bobot yang sangat besar dalam dua keadaan. Yang pertama adalah dengan produk yang mahal, beresiko dan jarang dibeli. Keadaan lainya adalah apabilah produk tersebut menyiratkan sesuatu tentang status dan selera pengunanya, orang akan bertanya kepada orang lain untuk mendapatkan rekomondasi seorang dokter, pengacara, akuntan, arsitek, agen. Jika kita percaya pada rekomondasi biasanya kita bertindak berdasarkan rujukan tersebut  
Saluran komunikasi non-pribadi, adalah komunikasi yang diarahkan lebih dari satu orang dan mencangkup media, promosi penjualan, acara-acara khusus dan pemberitaan.
Media, terdiri atas cetak(koran dan majalah), media penyiaran (radio), mediajaringan, media elektronik(rekamanaudio, rekaman vidio), media pajangan (papan reklame, poster)
Promosi penjualan, terdiri dari promosi konsumen(seperti sampel, kupon, premi), promosi dagang (iklan dan potongan pameran),  terdiri dari promosi konsumen (seperti sampel, kupon, dan premi);promosi dagang (seperti iklan dan potongan pam eran); dan promosi bisnis dan tenaga penjual(kontes untuk petugas penjualan).
Acara-acara khusus dan pengalaman, mencakup  olahraga,hiburan, dan penyelenggaraan acara-acara khusus dan juga kegiatan-kegiatan formal yang menciptakan interaksi merek baru dengan konsumen.
Hubungan masyarakat, mecakup komunikasi yang diarahkan secara internal pada karyawan perusahaan atau secara eksternal pada konsumen,perusahaan-perusahaan lain, pemerintah,dan media.

Integrasi  Saluran Komunikasi
Walaupun komunikasi pribadi sering lebih efektif daripada komunikasi massa, media massa mungkin merupakan sarana utama untuk merangsang komunikasi pribadi. Komunikasi massa dapat mempengaruhi sikap dan prilaku pribadi yang melalui dua tahap; tahap pertama, pengaruh media massa terhadap opina publik tidak selangsung, sekuat, dan seotomatis yang diperkirakan. Tahap kedua,aliran dua langkah tersebut menantang pendapat bahwa gaya konsusi terutama dipengaruhi dari media massa. Sehingga kedua tahap  berarti bahwa komunikator massa seharunnya mengarahkan pesan-pesan khususnya kepada pimpinan opini dan membiarkan  mereka menyampaikan pesan tersebut kepada orang-orang lain.

Tetapkanlah Anggaran Total Komunikasi Pemasarannya
Salah satu keputusan pemasaran tersulit adalah menentukan berapa banyak yang perlu dikeluarkan untuk promosi. John Wanamaker,raja toko serba ada,pernah mengatakan,”Saya tahu bahwa separuh iklan saya terbuang sia-sia,tetapi  saya tidak tahu separuh yang mana.” Bagaimana perusahaan memutuskan anggaran promosi dengan menguraikan empat metode utama: metoda kesanggupan,metode persentase penjualan,metode keseimbangan persaingan,dan metode tujuan dan tugas.
Metode Kesanggupan,banyak perusahaan menetapkan anggaran promosi berdasarkan seberapa besar menurut mereka kesanggupan perusahaan tersebut. Metode kesanggupan sama sekali mengabaikan peran promosi sebagai investasi dan pengaruh langsung promosi trhadap volume penjualan. Hal itu menyebabkan anggaran tahunan yang tidak menentu,yang mengakibatkan perencanaan jangka panjang sulit.
Metode Persentase Penjualan,Banyak perusahaan menetapkan pengeluaran promosi brdasarkan persentase penjualan yang telah ditentukan  atau dari harga penjual. Perusahaan mobil biasanya menganggarkan persentase tetap untuk promosi berdasarkan harga mobil yang telah dirancanakan dengan menetapkan dana tersebut berdasarkan sepersekian sen untuk  setiap galon minyak yang terjual dengan label perusahaan.
Metode Keseimbangan Persaingan, berapa perusahaan menetapkan anggaran promosinya mencapai keseimbangan kekuatan-suara dengan para pesaing. Metode keseimbangan untuk mengemukakan dua argumen yaitu petama,bahwa pengeluaran persaingan melambangkan kebijaksanaan bersama industri. Kedua bahwa upaya mempertahankan keseimbangan persaingan akan mencegah perang promosi.
Metode Tujuan dan Tugas,pemasar mengembangkan anggaran promosi dengan mendefinisikan tujuan yang jelas, menentukan tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan ini, dan memperkirakan biaya untuk melaksanakan tugas-tugas ini.
Sabagai contoh ,andaikan Cadbury Schweppers ingin memperkenalkan produk minuman energi baru alamiah
1.     Tetepkanlah sasaran pangsa pasarnya
2.     Tentukanlah persentase pasar yang harusnya dijankau iklan
3.     Tentukanla persentase calon yang sadar,yang seharusnya dibujuk untuk mencoba merek tersebut.
4.     Tentukanlah jumlah pengaruh iklan per 1persen tingkat percobaan produk
5.     Tentukanlah jumlah poin peringkat kotor yang mestinya harus dibeli
6.     Tentukanlah anggaran iklan yang diperlukan berdasarkan biaya rata-rata untuk membeli satu poin tingkat kotor.
Mengambil Keputusan Bauran Komunikasi Pemasaran

Karakteristik dari bauran komunikasi pemasar
Iklan, dapat digunakan untuk membangun citra jangka panjang bagi suatu produk atau memicu penjualan  yang tercepat. Hanya kehadiran iklan itu sendiri mungkin sudah mempunyai pengaruh atas penjualan, serta konsumen percaya bahwa merek yang di iklankan secara besar-besaran pasti menawarkan “nilai yank baik”. Sifat- sifat iklan yang perlu diperhatikan:
Daya sebar iklan memungkinkan penjual mengulangi berkali-kali, menerima pembali dan membandingkan pesan-pesan dari berbagai pesaing,serta untuk menyatakan sesuatu yang positif tentang ukuran, kekuatan, dan keberhasilan penjualan.
Daya ekspresi yang besar, iklan memberikan peluang untuk mendramatisir perusahaan tersebut dan produk melalui penggunaan cetakan, suara dan warna seni.
Impersonalitas, pendengar tidak merasa wajib memerhatikan atau menanggapi iklan. Iklan adalah suatu penolong dan hadapan, dan bukan dialog dengan pendengar.
Promosi penjualan,perusahaan memggunakan alat promosi penjualan kupon, kontes, hadiah, dan sejenisnya untuk menarik tanggapan yang lebih kuat dan lebih cepat dari pembeli. Promosi penjualan juga dapat digunakan untuk efek jangka pendek seperti merosotnya tawaran produk dan mendorong penjualan yang merosot. Ada 3 manfaat yang dibedakan:
·      Komunikasi promosi penjualan  mendapat perhatian dan mungkin akan mengarahkan konsumen ke produk tersebut
·      Insentif promosi penjualan menggabungkan suatu konsesi, dorongan, atau kontribusi yang memberi nilai bagi konsumen.
·      Ajakan promosi penjualan merupakan ajakan yang jelas untuk terlibat dalam transaksi tersebut sekarang.
Hubungan masyarakat dan pemberitaan, pemasar cenderung kurang menggunkan hubungan masyarakat, namun sebuah program yang dipikirkan dengan baik dan dikoordinasikan dengan unsur-unsur bauran komunikasi lain dapat menjadi sangat efektif. Ada 3 sifat khusus dari hubungan dan pemberitaan:
·      Kredibilitas yang tinggi, cerita dan figur yang baru akan lebih otentik dan dapat dipercayai pembaca dibandingkan dengan iklan.
·      Kemampuan menangkap pembeli yang tidak hati-hati, hubungan masyarakat dapat menjangkau calon yang lebih suka meghindari wiraniaga dan iklan.
·      Dramatisasi, hubungan masyarakat memiliki kemampuan mendramatisasi suatu perusahaan atau produk
Acara khusus dan pengalaman, ada banyak keuntungan pada acara khusus dan pengalaman:
·      Relevan, acara dan pengalaman yang benar-benar terpilih dan dapat dilihat secara relevan ketika konsumen dibuat terlibat secara pesonal.
·      Terlibat,dengan adanya mutu real-time hidup mereka, para konsumen dapat menemukan acara khusus dan pengalaan dngan lebih aktif terlihat.
·      Implisit,acara khusus lebih merupakan soft sell yang tidak langsung.
Pemasaran langsung,banyak bentuk pemasaran langsung pemasaran langsung, telemarketing, pemasaran internet, sama memiliki tiga karakteristik yang menonjol.
Disesuaikan dengan orangnya, pesan dapat disiapkan untuk menarik individu yang dituju.
Mutakhir, sebuah pesan dapat dipersiapkan sanagat cepat.
Interaktif, dapat diubah tergantung pada tanggapan orang.
Penjualan pribadi,sebuah alat yang aling efektif pada tahap terakhir berupa proses pembelian khusus dalam membangun preferensi,keyakinan, dan tindakan pembeli. Ada 3 ciri khusus pada penjual pribadi:
·      Interaksi pribadi,penjualan pribadi mencakup  hubungan langsungdan interaktif antara 2 orng atau lebih.
·      Perkembangan hubungan,penjualan pribadi memungkinkan segala jenis hubungan berkembang,mula dari hubungan penjualan seadanya sampai hubungan pribadi yang mendalam.
Tanggapan,penjualan ribadi membuat pembeli merasakan suatu kewajiban untuk mendengarkan pembicaraan penjualan.

Mengelola Proses Komunikasi pemasaran terpadu
            Komunikasi  pemasaran terpadu adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah suatu rencana yang komprehensif. Rencana semacam ini mengevaluasi peran strategis berbagai disiplin komunikasi-misalnya iklan umum, tanggapan langsung, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat, serta menggabungkan disiplin-disiplin ini untuk memberikan kejelasan, konsistensi dan pengaruh maksimum melalui integrasi pesan-pesan yang saling berlainan secara mulus.
            Sayangnya, banyak perusahaan masih mengandalkan satu atau dua alat komunikasi. Praktik ini terus dipertahankan meskipun pasar masal telah terpecah-pecah menjadi begitu banyak pasar kecil, yang masing-masing memerlukan pendekatan tersendiri.

Mengkoordinasi Media
            Koordinasi media dapat terjadi sepanjang dan dalam jenis-jenis media. Saluran komunikasi pribadi dan antarpribadi harus digabungkan untuk mencapai dampak maksimum.
            Multi media yang disebarkan dalam satu kerangka waktu yang ditentukan secara ketat dapat meningkatkan jangkauan pesan dan dampaknya.
            Riset juga menunjukkan bahwa promosi dapat menjadi lebih efektif bila di gabungkan dengan iklan. Kesadaran dan sikap yang diciptakan oleh kampanye iklan dapat mingkatkan keberhasilan dari tawaran penjualan yang lebih langsung.
            Banyak perusahaan mengkoordinasi kegiatan komunikasi online dan offine.

Mengimplementasi IMC ( Komunikasi Pemasaran Terpadu )
            Komunikasi pemasaran terpadu lambat menguasai karena beberapa alasan. Perusahaan – perusahaan besar sering menggunakan beberapa spesialis untuk bekerja sama dengan manajer mereknya. Masing – masing spesialis hanya mengetahui sedikit tentang alat komunikasi lain. Masalah selanjutnya yang menjadi rumit adalah bahwa banyak perusahaan global menggunakan sejumlah besar agen iklan yang beralokasi di berbagai Negara dan melayani divisi – divisi yang berbeda, yang menghasilkan komunikasi yang tidak terkoordinasi dan penyerapan citra.
            Namun dewasa ini, hanya beberapa agen besar benar - benar memperbaiki tawaran terpadunya secara besar – besaran. Untuk mempermudah pembelanjaan satu atap, para agen iklan besar telah membeli agen – agen promosi, perusahaan hubungan masyarakat, konsultasi rancangan kemasan, pengembang situs web, dan kantor surat langsung.
            Komunikasi pemasaran terpadu sungguh menghasilkan konsistensi pesan yang lebih kuat dan dampak pejualan yang lebih besar. Hal itu memaksa manajemen memikirkan segala cara bagaimana pelanggan menjalin hubungan dengan perusahaan tersebut, bagimana perusahaan tersebut mengkomunikasikan posisinya, peran penting relative masing – masing sarana, dan masalah ketetapan waktu. Hal itu memberi seseorang tanggung jawab yang sebelumnya tidak ada sama sekali – untuk menyatukan citra merek dan pesan perusahaan tersebut ketika melewati ribuan kegiatan perusahaan. IMC akan meningkatkan kemampuan perusahaan tersebut menjangkau pelanggan yang tepat dengan pesan yang tepat pada saat yang tepat dan ditempat yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar