Kamis, 23 Desember 2010

Penguasa Pasar


Didalam suatu pangsa pasar didalamnya tentu saja terjadi persaingan-persaingan yang sangat sengit. Para produsen berlomba-lomba untuk menarik pelanggan supaya produknya bisa laku dan laris. Untuk bisa bersaing dengan produk/ produsen lain ,mereka berlomba-lomba mengemukakan keunggulan dari produk mereka. Media pun jadi sarana utama didalam proses persaingan tersebut. Yang paling utama adalah media elektronik terutama tv. Jika kita lihat pada siaran televisi terdapat beratus-ratus iklan. Selain media elektronik media –media yang lain pun dijadikan sebagai sarana dalam proses promosi tersebut,misalnya Koran ,majalah ,tabloid dll.
           
Memang promosi bisa dikatakan sebagai ujung tombak dari proses marketing. Indikatornya yaitu,siapa yang menang dalam proses promosi maka dia akan dapat menarik dan mempertahankan para pelanggan setianya. Sehingga untuk perusahaan besar ,mereka tidak segan mengeluarkan dana yang besar untuk biaya promosi.
                Namun jika ditanya mengenai siapakah yang memegang atau menguasai pangsa pasar itu? Ya benar sekali,,, yang menguasai pangsa pasar bukanlah suatu perusahaan besar ataupun perusahaan yang sudah kawakan,akan tetapi yang menguasai pasar adalah yang menguasai informasi! Tetapi kenapa malah perusahaan yang menguasai informasi malah bisa menguasai pasar ,kog bukanya perusahaan yang besar dan sudah lama berkecimpung di dalam dunia industri ? alasanya karena orang/perusahaan yang mempunyai segudang informasi itu bisa melakukan apa pun yang ingin dininginka. Mereka bisa tahu situasi yang akan datang , bagaimana keadaan perekonomian suatu Negara dimana mereka tinggal atupun Negara lain, apa yang harus dilakukan perubahan terhadap produknya, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh para penguasa informasi .yang pada akhirnya mereka akan menjadi penguasa pasar.

0 komentar:

Posting Komentar