Senin, 03 Januari 2011

Marketing Mix untuk Usaha Kecil dan Menengah

Usaha kecil dan menengah saat ini sedang menjamur di kalangan masyarakat indonesia. Usaha ini cepat menjamur karena pengelolaan yang mudah atau tidak ribet dan juga membutuhkan modal yang kecil. Akan tetapi tidak semua usaha tersebut dapat bertahan ,apalagi menghadapi masa globlalisasi saat ini. banyak dari  mereka yang gulung tikar sebelum bisa berkembang, yang pada akirnya mereka lebih memilih untuk mencari kerja bukan malah menciptakan kerja.

Hal mendasar yang menyebabkan UKM tidak bisa berkembang dan bisa bersaing adalah karena pengelolaan yang kurang baik dan profesional. kurangnya pengalaman juga berepengaruh bagi para pemunla.Tapi sebenarnya kendala-kendala tersebut dapat diatasi asalkan para pengusaha tersebut betul-betul memahami apa itu Marketing Mix.
Di dalam Marketing Mix tidak hanya membahas pemasaran atau penjualan saja,akan tetapi juga menyangkut seluruh proses dari pembuatan promosi sampai dengan penjualan. Disini dijelaskan bagaimana cara mendesain produk agar bisa menarik pelanggaasn, bagaimana cara menentukan harga, letak atau posisi dimana produk akan dipasarkan dan promosi apa yang dipilih agar konsumen menjadi tertarik. Sehingga para pengusaha tersebut akan mendapatkan berbagai manfaat dari mempelajari marketing mix , manfaatnya adalah:
1. Dapat menentukan akan membuat produk apa.
2. Dapat menetukan harga yang sesuai .
3. Bisa menganalisis dimana akan menempatkan atau menjual produk.
4. Memilih segmen mana yang cocok dengan produknya.
5. Iklan apa yang sesuai.
6. Memilih media iklan yang sesuai.
7. Meningkatkan kreatifitas dalam berinovasi.
8. Menghadapai persaingan.
 Dari berbagai manfaat itu bisa isimpulkan bahwa peran dari Marketing Mix di dalam dunia usaha sangatlah vital, sehingga sebagai seorang pengussaha harus benar-benar bisa menerapkanya di dalam mnghadapi dunia kewirausahaan yang semakin berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar