Kamis, 02 Desember 2010

Arti Penting Kreatifitas Didalam Dunia Bisnis


Kepuasan konsumen!!! Apa makna dari kalimat itu? Yap,,,,kepuasan konsmen merupakan titik puncak dari apa yang ingin dicapai atau diinginkan oleh konsumen yang diharapkan dapat didapatkan setelah mengonsumsi barang atau pun jasa.  Akan tetapi untuk mendapatkan kepuasan tersebut tentu saja konsumen harus melakukan pengorbanan,,,,kan ada pepatah “ ada uang ada barang”. Sehingga pengorbanan harus dilakukan oleh konsumen untuk mendapatkan sebuah kepuasan
                Adapun definisi dari kepuasan itu sendiri tidaklah sama antara satu orang dengan yang lain. Ada yang mendapatkan kepuasan setelah mengkonsumsi barang ataupun jasa dengan biaya yang mahal,karena mereka mempunyai pendapat jika menggunakan atau mengkonsumsi barang atau pun jasa dengan biaya yang mahal ,itu akan dapat meningkatkan image mereka di mata orang lain,,,gengsi gitu critanya!!! Tetapi hal itu hanya bisa  di laksanakan oleh orang yang mempunyai budget tinggi,,sedangkan bagi orang yang berpenghasilan menengah kebawah yang terjadi adalah hal sebaliknya. Mereka menginginkan produk dan jasa yang memiliki harga yang rendah  dan berharap mendapatkan kepuasan atas produk dan jasa tersebut.
                Selain alasan itu masih ada factor lain yang bisa mendatangkan kepuasan bagi pelanggan. Misalnya pelayanan yang diberikan oleh para produsen , hal itu juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kepuasan konsumen.
                Produsen !! orang maupun perusahaan yang memproduksi barang dan jasa yang ditujukan kepada konsumen. Didalam menciptakan suatu barang atau jasa,produsen tidak boleh secara sembarangan. Seperti yang dilakukan oleh industri pada zaman revolusi industry. Yang memproduksi secara besar-besaran atau masal. Pada masa itu memang tidak menjadi masalah kalau memproduksi barang dalam jumlah yang besar,karena tidak ada persaingan. Yang penting barang itu dibawa kepasaran ,dan juga disini factor harga juga tidak berpengaruh  karena perdagangan pada masa itu tidak ada persaingan/monopoli. Sehingga produk yang beredar dipasaran pasti laku terjual. Akan tetapi perkembangan industry terus berjalan dari waktu ke waktu. Dan semakin lama perkembangan dunia industry itu lebih condong kearah segmentasi daripada model produksi masal. Namun,pemasaran masal atau monopoli itu saat ini juga masih berlaku,tapi hanya untuk produk tertentu. terutama yang menguasai hajat hidup orang banyak,yang biasanya kekuasaanya dipegang oleh Negara. Tetapi untuk dimasa depan bukan tidak mungkin kalau industry yang menguasai hajat hidup orang banyak itu akan mendapat  saingan oleh pihak swasta.,
                Pada era globalisasi dan era perdagangan bebas ini , setiap produsen bebas untuk memasarkan produknya kemana saja. Tapi yaw harus memperhatikan kemampuan dan persaingan di tempat atau Negara lain. Sebagai contoh,,,saat ini di Negara kita telah dibanjiri barang impor dari luar negeri,terutama China. Di era globalisasi seperti ini semua perusahaan dituntut untuk mampu bertahan dan beradaptasi dengan keadaan, jika tidak mau usahanya gulung tikar.  Sampai tahun ini dunia perdagangan / industry dunia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari era produksi masal yang telah disebutkan diatas , sampai pada era relationship saat ini. Pada era ini,,kerjasama sangat dibutuhkan oleh para perusahaan untuk bisa bersaing dengan perusahan lain. Selain itu pola segmentasi produkpun juga sangat menentukan keberhasilan dalam memenuhi target perusahaan. Pola segmentasi dibagi menjadi tiga ,yaitu demografi, geografi dan psikografi. Dalam menentukan pola segmentasi mana yang akan diambil ,tidak boleh secara gegabah. Sebelum mengambil salah satu segmen,harus dilakukan riset dan melihat para pesaing yang sudah terjun dalam dunia tersebut. Pengambilan keputusan tersebut memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena jika salah masuk ke dalam segmen  maka laju perusahaan tidak akan lancar,dan bahkan mungkin tidak akan berkembang. Apakah setelah segmen sudah ditemukan,proses marketing sudah selesai??? Jawabanya tentu tidak. Masih banyak langkah-langkah yang harus dilakukan oleh perusahaan. Langkah yang harus diambil selanjutnya adalah biasa disebut dengan 5P. Didalam 5P tersebut sangat lengkap sekali tentang langkah – langkah dalam merancang suatu produk. Mulai dari desain produk sampai pada tahap perkenalan produk atau promosi. Promosi sebagai langkah terakir dalam proses prosuksi memiliki peran yang sangat kuat terhadap eksistensi produk yang dibuat. Dan disinilah kreatifitas sangat dituntut agar bisa dikenal oleh khalayak umum. Walaupun langkah-lagnkah lainpun juga sama-sama menuntut kreatifitas para orang-orang yang bersangkutan didalmnya.
                Saat ini iklan – iklan yang beredar didalam media umum,terutama tv sangat beragam. Berbagai produsen saling bersaing dalam upaya memasakan produknya. Mereka saling beradu kreatifitas untuk mendapatkan perhatian masyarakat tentang produk yang dihasilkan. Di dalam promosi ini aroma persaingan sangat sengit. Malah kadang-kadang ada yang tidak menghiraukan etika promosi, yang ditunjukkan dengan promosi yang didalamnya mengandung,menyindir produk lain walaupun tidak secara blak-blakan. Keadaan seperti itu kemungkinan disebabkan karena adanya salah satu produk yang kalah bersaing dengan produk lain, sehingga dia berusaha menjatuhkan pihak pesaingnya dengan mencantumkan produk pesaingnya itu didalam promosinya. Promosi didalam media itu biasannya lebih gampang jika dibandingkan dengan perkenalan produk langsung ke toko-toko atau eceran , pedagang kaki lima ,dan yang sejenisnya. Hal itu disebabkan karena biasanya pedagang eceran merasa ragu untuk menjual barang-barang yang sifatnya baru,karena mereka takut barang itu tidak laku . Sehingga disini para pelaku promosi harus mempunyai kreatifitas yang tinggi untuk meyakinkan kepada para pedagang eceran tersebut bahwa produk yang ditawarkan tersebut benar-benar mempunyai kualitas yang bagus dan bisa bersaing dengan produk lama yang menguasai ataupun telah terlebih dahulu terjun dalam dunia tersebut.
                Namun ,apa yang di promosikan tersebut haruslah sesuai dengan kenyataan. Jangan sampai mengecewakan pelanggan. Oleh karena itu, didalam merancang suatu produk ,produk itu harus mempunyai suatu keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh produk lain, sehingga itu akan menimbulkan suatu cirri khas . misalnya kalau produk itu berupa makanan  ,harus mempunyai cita rasa yang khas agar konsumen mendapatkan kepuasan yang tinggi. Setelah itu perancangan harga juga harus relevan , walaupun lebih mahal sedikit daripada produk lama,asalkan mempunyai suatu keunggulan yang tidak dimiliki oleh pihak lain maka kemungkinan produk itu dapat bersaing akan cukup besar. Cara lain untuk bisa cepat dikenal dalam dunia pasar adalah dengan membuat gebrakan yang bisa membuat pelanggan menjadi tertarik terhadap barang yang kita promosikan. Posisi /place atau tempat dimana barang atau jasa dipasarkan. Seberapa pentingkah itu? Peran dari penentuan posisi atau tempat dimana barang atau jasa itu dipasarkan akan sangat menentukan laku atau tidaknya produk tersebut. Penempatan posisi yang tepat,ideal dan strategis akan sangat membantu didalam proses penjualan ,sebaliknya apabila penempatan tempatnya itu kurang memenuhi spesifikasi maka ya,,tinggal berdoa saja moga-moga barangnya bisa laku.
                Apakah setelah promosi yang dilakukan berhasil ,para prosusen akan berdiam diri saja menunggu perkembangan dari pasar?? Tentu jawabanya tidak. Masih banyak yang harus dilakukan untuk terus bisa eksis dalam dunia perdagangan atau bisnis. Salah satu diantaranya adalah pengembangan produk. Pengembangan produk disini sangatlah penting untu bisa melebarkan sayap perusahaan. Disini manager harus pintar-pintar memilih segmen baru untuk produk yang baru, akan tetapi biasanya segmen yang dipilih itu tidak jauh- jauh dari segmen yang sebelumnya telah diambil. Maksudnya adalah pengembangan produk baru tersebut masih ada kaitanya dengan produk lama yang terlebih dahulu terjun ke pasar. Tapi disini produsen harus mengingat satu kata yang sangat penting dalam dunia bisnis yaitu menghadapi persaingan. Didalam era globalisasi saat ini banyak sekali merek yang sangat beragam untuk satu jenis produk yang sama, dan lagi tidak hanya bersaing dengan produsen local, produk dari luar negeri pun telah banyak membanjiri pasar local. Yang lebih menakutkan lagi adalah bahwa produk luar negeri  tersebut memiliki tingkat harga yang  jauh lebih rendah daripada produk local. Sehingga untuk bisa bersaing dengan produk luar negeri sangatlah asulit,karena budaya kita adalah lebih mementingkan produk yang harganya relative murah,,,yak arena Indonesia termasuk Negara yang masih berkembang,sehingga pendapatan perkapita penduduknya pun masih rendah atau tingkat kemiskinannya masih tinggi.
                Nah ,,,,,,,,disinilah para pelaku ekonomi local/ nasional dituntut kreatifitasnya untuk bisa bersaing dengan produsen asing. Para pelaku ekonomi asing itu sangat kuat dalam pasar,,,itu dibuktikan dengan hampir semua segmen,produk,lapisan ,golongan dapat ditembus olehnya. Maka dari itu , produsen lokal harus memiliki suatu inisiatif pengembangan untuk dapat beradaptasi dengan era saat ini.               
               

0 komentar:

Posting Komentar